Berita Seni di Dunia Saat Ini – Davidwillisartist

Davidwillisartist.com Situs Kumpulan Berita Seni di Dunia Saat Ini

Musisi Dari Zambia Yang Harus Anda Ketahui

Musisi Dari Zambia Yang Harus Anda Ketahui – Zambia mungkin lebih dikenal karena keajaiban alamnya daripada musiknya, tetapi negara Afrika selatan ini telah mengembangkan industri yang dinamis, memelopori genre baru seperti Zamrock (rock Zambia) sejak kemerdekaannya. Ini adalah panduan untuk beberapa musisi dari Zambia yang perlu diketahui.

Jay Rox

Jay Rox memulai karirnya sebagai bagian dari grup hip-hop pemenang penghargaan bernama Zone Fam. Grup tersebut akhirnya bubar pada tahun 2013 dan sang rapper kembali bersolo karir sebelum bergabung dengan grup tersebut. Rilisan pertamanya setelah perpecahan adalah album pada tahun 2015 berjudul Outside The Rox dan menampilkan lagu-lagu seperti ‘Joanna,’ ‘Auto Pilot,’ ‘Not For Sello’ dan banyak lagi. Pada 2017 ia melepaskan Lusaka, sebuah penghormatan kepada ibu kota Zambia. Album ini menampilkan lagu-lagu seperti ‘Glory’, ‘Best Father Alive’ dan ‘Camera Ready’. Penawaran terbarunya, berjudul ‘Outside The Rox 2,’ dirilis pada 4 Juni 2018. Album ini menampilkan kolaborasi dengan penyanyi Kenya Victoria Kimani.

Chef 187

Chef 187 adalah salah satu artis hip-hop paling terkenal di Zambia. Salah satu lagunya yang menampilkan komentar sosial adalah ’99 Jobs,’ yang menyoroti bagaimana ekonomi yang buruk telah menyebabkan banyak orang harus bekerja banyak pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan. Meskipun awalnya dia kebanyakan tampil dan nge-rap dalam bahasa Inggris, Chef menambahkan Nyanja (bahasa dari Zambia Timur yang banyak digunakan di ibu kota, Lusaka) dan Bemba, yang digunakan di Zambia Utara dan wilayah Copperbelt tempat Chef berasal. Kakak Chef, Macky 2 juga merupakan artis hip-hop populer di Zambia.

El Mukuka

Eleftherios Mukuka, atau ‘El Mukuka,’ adalah DJ dan produser Yunani-Zambia yang diakui sebagai pemimpin Zambia dalam genre musik EDM/house. Lulusan dari Berklee College of Music, ia merilis single pertamanya, ‘Heart,’ pada tahun 2013. Ia kemudian merilis album pada tahun 2015. Menurut halaman Facebook-nya, musik El Mukuka digambarkan sebagai “mengangkat, diresapi dengan Elemen Afrika, kaya akan melodi & harmoni dan groovy”. El Mukuka telah tampil di berbagai festival di Zanzibar, Zimbabwe dan Zambia. Single terbarunya berjudul ‘All I Need.’

Exile/Izrael

Exile, yang saat ini menjadi artis gospel dan menggunakan nama ‘Izrael,’ memulai karirnya sebagai artis yang menandatangani kontrak dengan Mondo Music, sebuah perusahaan rekaman dan studio yang didirikan pada tahun 1999. Album pertamanya, So Lucky, menampilkan lagu nama yang sama dan mengatur nada untuk lagu-lagu cinta yang akan membuatnya dikenal. Dia sering berkolaborasi dengan istrinya, Nalu, pada lagu-lagu seperti ‘House, Money, Cars’, ‘Efindingile’, ‘Run Away Together’ dan lagu 2017 ‘Si Manso’. Pada 2015, ia menjadi artis gospel di bawah label musik Lota House.

Slap Dee

Slap Dee adalah artis hip-hop berbasis di Lusaka yang album debutnya dirilis pada tahun 2006. Dia mendapatkan lebih banyak pengakuan ketika dia terlibat dalam persaingan dengan artis hip-hop berbasis Copperbelt Macky 2. Beberapa lagu Slap Dee yang paling terkenal termasuk ‘Kuchaila,’ ‘RTSA’ dan ‘Waumfwa.’ Pada tahun 2017, ia terpilih untuk tampil di acara televisi Coke Studio Africa. Pada tahun 2018, Slap Dee menjadi berita utama ketika dia menolak menjadi pembuka untuk musisi Nigeria karena dia ditawari 10 kali lebih sedikit dari headliner. Rekan seniman Zambia turun ke twitter untuk menyuarakan dukungan mereka, dan akhirnya dia ditawari sejumlah uang yang lebih besar. Single terbarunya berjudul ‘For A Long Time’.

Mampi

Mampi Mukape, yang nama panggungnya ‘Mampi’, dikenal sebagai ratu menari Zambia. Lagu-lagu R’n’B uptemponya seperti ‘Walilowelela,’ ‘Why,’ dan ‘Love Recipe’ dapat didengar di seluruh benua Afrika. Debutnya di industri musik Zambia dimulai dengan album pertamanya pada tahun 2005 berjudul Maloza. Dia telah tampil di Zimbabwe, Australia, Uganda, dan Inggris di antara negara-negara lain, dan telah memenangkan banyak penghargaan. Pada April 2018 dia tampil di CNN African Voices di mana dia berbagi bagaimana tragedi pribadi membuatnya mengejar musik sebagai karier.

Cleo Ice Queen

Clementine Mulenga, yang dikenal dengan nama panggungnya ‘Cleo Ice Queen,’ adalah seorang rapper wanita. Dia merekam lagu pertamanya pada usia 16 tahun dan pada tahun 2012 merilis single ‘Big Dreams’ yang menampilkan artis terkenal JK. Pada tahun 2016, album debutnya Geminice dirilis dan menampilkan lagu-lagu seperti ‘Soldier,’ ‘Turn Up,’ ‘Addicted’ dan banyak lagi. Pada tahun yang sama dia terpilih untuk berpartisipasi dalam acara televisi Coke Studio Afrika di mana dia dipasangkan dengan penyanyi kwaito Afrika Selatan Bucie untuk merekam lagu berjudul ‘Simunye’. Single terbarunya berjudul ‘Don’t Say Goodbye.’

Wezi

Musisi Dari Zambia Yang Harus Anda Ketahui

Wezi Mhone adalah penyanyi afro-soul yang telah aktif di industri musik Zambia sejak 2012. Rilis video pertamanya adalah lagu berjudul ‘Ambuya’, yang merupakan penghargaan untuk mendiang neneknya. Setelah membuka untuk penyanyi Afrika Selatan Zahara di sebuah konser di Lusaka, ia berkompetisi sebagai kontestan di kompetisi Airtel Trace Music Star di mana ia dinobatkan sebagai runner up pertama. Pada tahun 2015, ia tampil di lagu Willz ‘Toliwe,’ dan merilis cover lagu populer grup hip-hop Zone Fam ‘Translate’. Pada tahun 2016 ia merilis sebuah EP berjudul Uhai, yang menampilkan sorotan dari diskografinya selama periode tiga tahun. Pada Maret 2018 ia tampil di Festival Danau Bintang edisi Glasgow dan berbicara menentang pelecehan seksual di industri musik Zambia kepada BBC. Rilisan terbarunya adalah lagu berjudul ‘Munanitema’ yang menampilkan Cleo Ice Queen.

Roberto

Penyanyi-penulis lagu Afro-R’n’B Roberto telah menjadi fitur utama dalam industri musik Zambia selama lebih dari satu dekade. Ia terinspirasi untuk menekuni musik oleh saudaranya, Ozzy, yang merupakan seorang rapper. Beberapa lagu Roberto yang terkenal termasuk ‘Amarulah,’ yang diputar di stasiun radio dari Mauritius hingga Ethiopia. Dia telah melakukan tur di negara-negara seperti Uganda—di mana dia meraih penghargaan untuk Lagu Terbaik di Afrika Selatan pada Penghargaan Hipipo 2018—Zimbabwe, Kenya, Tanzania, dan lainnya. Dia merilis album studio kelimanya Superstar pada Agustus 2017, yang mencakup lagu berjudul ‘Vitamin U’ yang menampilkan penyanyi penyanyi Tanzania Vanessa Mdee. Single terbaru Roberto berjudul ‘Contolola.’

Veronica Murray

Back to top